Pengertian GIT dan Manfaatnya GIT untuk Developer
28-10-2018 Admin FnF
Pengertian GIT dan Manfaatnya GIT untuk Developer

Selamat datang di website FnF Indonesia. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk belajar pemrograman? FnF Indonesia akan membantu untuk memberitahukan apa saja yang harus dipersiapkan. Yuk Simak di indofnf.com.

Menurut Wikipedia Git adalah perangkat lunak pengontrol versi atau proyek manajemen kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang pada awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux. Desain Git terinspirasi oleh BitKeeper dan Monotone.

Git adalah version control system yang digunakan para developer untuk mengembangkan software secara bersama-bersama. Fungsi utama git yaitu mengatur versi dari source code program anda dengan mengasih tanda baris dan code mana yang ditambah atau diganti.

Git ini sebenernya memudahkan programmer untuk mengetahui perubahan source codenya daripada harus membuat file baru seperti files.php, filesRevisi.php, filesRevisi2.php, filesFix.php. Selain itu, dengan git kita tak perlu khawatir code yang kita kerjakan bentrok, karena setiap developer bias membuat branch sebagai workspacenya.Fitur yang tak kalah keren lagi, pada git kita bisa memberi komentar pada source code yang telah ditambah/diubah, hal ini mempermudah developer lain untuk tahu kendala apa yang dialami developer lain.

berikut perintah-perintah dasar git:

Git init : untuk membuat repository pada file lokal yang nantinya ada folder .git
Git status : untuk mengetahui status dari repository lokal
Git add : menambahkan file baru pada repository yang dipilih
Git commit : untuk menyimpan perubahan yang dilakukan, tetapi tidak ada perubahan pada remote repository.
Git push : untuk mengirimkan perubahan file setelah di commit ke remote repository.
Git branch : melihat seluruh branch yang ada pada repository
Git checkout : menukar branch yang aktif dengan branchyang dipilih
GIt merge : untuk menggabungkan branch yang aktif dan branch yang dipilih
Git clone : membuat Salinan repository lokal

Contoh dari software version control system adalah github, bitbucket, snowy evening, dan masih banyak lagi. Jika anda sebagai developer belum mengetahui fitur git ini, maka anda wajib mencoba dan memakainya. Karena banyak manfaat yang akan didapat dengan git ini.

Menggunakan Git tidak semudah menggunakan software lain, karena ada istilah-istilah baru yang mungkin belum anda dengar dan penggunaannya menggunakan Bash Command Line seperti di Command Prompt atau Terminal di Linux. Namun, juga tidak sesulit yang terpikirkan karena istilah dan perintah-perintahnya mudah dihafal dan tidak terlalu banyak.

Selain untuk version control, Git juga bisa digunakan untuk kolaborasi project sehingga lebih mudah. Namun, untuk kolaborasi kita harus mempunyai Git Server, yang berfungsi untuk menyimpan repositori dimana file-file yang dibuat tiap orang dalam tim kolaborasi dikumpulkan dan disatukan.